Thursday

Kunjungan Industri Mahasiswa Teknik Kimia Politeknik Negeri Sriwijaya ke PT Coca-Cola Amatil Indonesia

Sejarah Singkat PT Coca-Cola Company


Minuman ringan Coca Cola diciptakan oleh Dr. John S. Pemberton, seorang ahli farmasi dan minuman dari atlanta, Georgia, Amerika serikat pada bulan Mei 1889. Ia mencampurkan sesuatu ramuan khusus dengan gula murni menjadi sirup yang beraroma segar dan berwarna caramel, kemudian diaduk dengan air murni. Frank M. Robinson, sahbat sekaligus akuntan john, menyarankan nama Coca Cola karena berpendapat bahwa dua huruf C akan tampak menonjol untuk periklanan. Kemudian Ia menciptakan nama dengan huruf-huruf miring mengalir dan spencer. Minuman ini kemudian dikenal dengan nama Coca Cola. Pada awalnya penjualan minuman ini dilakukan dengan menempatkan minuman ringan tersebut di dalam guci besar  yang diletakkan di tempat-tempat strategis. Namun dengan adanya peningkatan jumlah pembelian menyebabkan penggunaan guci tersebut diganti dengan kemasan botol yang lebih praktis.
Dr. Pemberton menjual ciptaannya dengan harga 5 sen per gelas dan mempromosikan produknya dengan membagi ribuan kupon yang dapat ditukarkan untuk mencicipi satu minuman gratis. Pada tahun tersebut ia menghabiskan US$ 46 untuk biaya periklanan. Chandler piawai dalam menciptakan perhatian konsumen dengan cara membuat berbagai macam cinderamata berlogo Coca Cola. Cinderamata tersebut kemudian dibagi-bagi di lokasi-lokasi penjualan penting yang berkesinambungan. Gaya periklanan yang inovatif, seperti desain warna-warni untuk buk, lampu gantung hias dari kaca, serta serangkaian cinderamata seperti kipas, kalender dan jam dipakai untuk memasyarakatkan nama Coca Cola mandorong penjualan.
Ide cemerlang untuk menyediakan minuman Coca Cola dalam botol datang dari Joseph Biedenharn, pemilik toko di Missisippi. Pada tahun 1889 bekerja sama dengan pengusaha dari Tennessee, Biedenharn mendirikan pabrik.
Pada tahun 1892, Pemberton menjual hak cipta Coca Cola ke Asa G. Chandler yang kemudian mendirikan perusahaan Coca Cola pada tahun 1892. The Coca Cola Company didirikan oleh Asa G. Chandler di Atlanta, yang juga mematenkan merek dagang Coca Cola di seluruh dunia dengan menyediakan bahan baku concentratenya. Mulai tahun 1893, The Coca Cola Company membangun pabrik sirupnya di luar Atlanta.
Presiden The Coca Cola Company (1919-1955), Robert W. Woudruff, merupakan orang yang pertama kali mencetuskan gagasan agar minuman Coca Cola tersebut dapat dinikmati tidak hanya oleh orang Amerika saja, tetapi juga untuk di konsumsi oleh seluruh bangsa di dunia. Untuk merealisasikan gagasan tersebut, pada tahun 1929 didirikan The Coca Cola Export Cooperation, yaitu perusahaan yang menangani proses penjualan minuman keseluruh pelosok negeri di dunia dengan ciri-ciri mutu, rasa, dan kesegaran yang sama.

Rangkaian Acara Kunjungan Industri











Terima Kasih Telah Berkunjung dan Membaca Artikel Blog Ini
Judul: Kunjungan Industri Mahasiswa Teknik Kimia Politeknik Negeri Sriwijaya ke PT Coca-Cola Amatil Indonesia
Ditulis Oleh: Unknown
Blogger Sejati Selalu Meninggalkan Komentar Berupa Kritik dan Saran

Berlangganan Artikel dari Kami via Email
Powered by Blogger.